Desa Ini Memasok Hampir Seluruh Kebutuhan Kelapa Kota Palembang


Info Palembang - Minggu lalu penulis menghadiri acara festival Sembilang yang diadakan oleh pemerintah kabupaten Banyuasin di desa Marga Sungsang, Banyuasin. Dan dihadiri oleh Bupati Bpk. H. Askolani dan Wabup Bpk. H. Slamet. Festival tahunan yang memamerkan hasil bumi dan kerajinan dari masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Ada yang menarik dari perjalanan kali ini. Di sepanjang perjalanan dari Kota Palembang, dengan menempuh perjalanan dengan mobil di kiri dan kanan jalan terhampar luas kebun kelapa dengan pohon kelapa yang menjulang tinggi. Ketika di desa Teluk Payoh penulis berhenti dan melihat suasana desa dan segala kegiatan nya. Luar biasa, banyak penduduk bekerja mengupas serabut kelapa lalu dikumpulkan untuk kemudian dijual.


Banyak pula mobil truk dan mobil pembawa kontainer yang akan membawa kelapa tersebut. Ternyata kelapa dengan kualitas bagus akan langsung di packing dan di masukan ke dalam kontainer untuk di ekspor. Kelapa dengan kualitas sedang dibawah oleh mobil truk dan pick up untuk dibawah ke Kota Palembang. Lebih dari setengah kebutuhan kelapa untuk masyarakat kota Palembang di supply dari desa ini dan desa sekitar ini. Selain desa Teluk Payoh, ada desa Sri Agung, Karang Sari, Parit Lado juga komoditas unggulan adalah buah kelapa.

Banyak mobil truk pembawa kontainer di sepanjang jalan, baik kontainer 20ft atau kontainer 40ft. Kebanyakan buah kelapa tersebut di ekspor ke Malaysia.Ada pula yang dibuat kopra di pabrik lokal yang terletak sesudah jembatan PU.

Tapi satu hal, kebun-kebun kelapa yang sekarang ini adalah hasil kerja keras orang tua mereka yang dulu tahun 70 an merupakan bagian dari program transmigrasi dan dikasih lahan oleh pemerintah untuk dikelola. Sekarang anak cucu mereka menikmati hasil dari kerja keras orang tua mereka.


Semoga kemudian para pemuda Indonesia bisa memberi aksi nyata bagi perannya dalam membangun negeri. Tak hanya pintar mengkritik pemerintah, tapi juga berperan aktiv langsung dalam pembangunan bangsa. 

0 Response to "Desa Ini Memasok Hampir Seluruh Kebutuhan Kelapa Kota Palembang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel